Setelah Uji Kelayakan, Komisi I DPR Akan ke Rumah Andika

Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha berkata bahwa pihaknya akan melakukan verifikasi factual kepada calon Panglima TNI Jenderal bernama Andika Perkasa di hari Minggu 7 November.

Menurut Tamliha, hal ini adalah rangkaian proses mengenai uji kepatuhan serta kelayakan fit and proper test untuk Andika.

Tamliha juga berkata bahwa agenda mengenai kunjungan ke rumah pria yang sekarang ini mnejabat Kepala Staf Angkatan Darat atau KSAD itu telah disepakati oleh Komisi I DPR RI.

Andika juga diketahui juga akan menjalani fit dan proper test pada Komisi I DPR RI di hari Sabtu 6 November.

“Kami akan menjalani beberapa pemeriksaan factual ke rumah beliau pada hari Minggu, Insyaallah.” Kata Tamliha pada wartawan yang ada di Kompleks Parlemen di Jakarta pada hari Jumat 5 November.

Politikus dari PPP itu juga berkata bahwa verifikasi factual dari Komisi I DPR juga dilakoni untuk melihat langsung tentang kehidupan Andika yang ada di rumahnya.

Komisi I juga nantinya akan bertemu bersama keluarga pria yang juga terkenal sebagai menantu dari mantan Kepala Badan Intilijen Negara atau BIN Jenderal TNI atau Purn AM Hendropriyono itu.

“Iya kita liat rumahnya gimana gitu, apakah sudah sesuai dengan laporan kekayaan yang disampakan, lalu agar lebih familiar pada hal ini dengan Komisi I.” kata Tamliha.

Untuk informasi, di hari Jumat siang ini, pimpinan dari Komisi I juga telah merampungkan verifikasi administrasi kepada Andika. Pimpinan Komisi I itu juga memberikan pernyataan mengenai berkas milik Andika telah lengkap.

Proses verifikasi itu pun jadi syarat sebelum Andika menjalani tes uji kelayakan serta kepatuhan esok hari. Beberapa berkas yang diverifikasi adalah NPWP, Data Riwayat Hidup, KTP, KK, LHKPN, SKBD dan juga SPT.

Komisi I DPR RI juga nantinya akan menggelar proses uji kelayakan serta kepatutan Andika di hari Sabu 6 November. Proses ini nantinya akan berjalan sesudah Presiden Joko Widodo mengirim surat presiden dengan nama Andika menjadi calon tunggal Panglima TNI ke DPR.

Artikel yang Direkomendasikan