Prestasi Yang Jokowi Torehkan Selama Menjabat di Kepresidenan

Kepala staf Kepresidenan, Moeldoko mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi memang tak pernah mengabaikan janji sampai dengan tahun pertama periode kedua pemerintahannya.

Ia tak pernah mengabaikan janjinya, walaupun laju pertumbuhan ekonomi sempat tersendat, namun presiden tetap memegang visi mewujudkan 5 arahan strategis dari pembangunan.

Adapun 5 arahan tersebut terdiri atas pembangunan sumber daya manusia, penyederhanaan regulasi, pembangunan infratsurktur, penyederhanaan birokrasi, serta transformasi ekonomi.

Lalu, apa saja sih pencapaian Presiden selama menjabat? Yuk simak.

1.Jalan Terjal Reformasi Birokrasi dan Regulasi

Penyederhanaan regulasi di lakukan oleh pemerintah di antaranya lewat Undang – Undang Cipta Kerja. Omnibus Law di anggap bisa menjadi solusi mengurai keruwetan aturan.

Undang – Undang Cipta Kerja salah satunya, meringkas 79 UU dan juga menyatukan 11 klaster menjadi satu aturan.

2.Membentuk Manusia Tangguh

Jokowi sudah berhasil meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia dalam satu tahun terakhir. Bayi yang lahir di tahun 2019 mempunyai harapan untuk hidup sampai dengan 71,34 tahun, lebih lama 0,56 tahun di bandingkan dengan mereka yang lahir 4 tahun sebelumnya.

Setelah itu, pemerintah juga berusaha meningkatkan skor PISA atau kemampuan siswa pada bidang membaca, sains, serta matematika.

Ia juga melakukan reformasi pendidikan lewat program Merdeka Belajar. Selanjutnya, ia menyediakan bantuan pendidikan dengan Kartu Indonesia Pintar untuk siswa SD, SMP, dan juga SMA.

3.Kontraksi Ekonomi Bukan Kartu Mati

Pada kuartal kedua 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi 5,3% akibat pandemic Covid – 19.

Menurut pemerintah, angka itu masih jauh lebih baik di bandingkan dengan Negara Asia Tenggara lainnya, bahkan di antara Negara G-20.

Indonesia ada di peringkat ketiga di bawah Tiongkok dan Korea Selatan. Namun, pandemic ini berdampak pada banyak pekerja yang terkena PHK atau di rumahkan dan angka kemiskinan pun meningkat terutama di perkotaan.

Pemerintah menilai sinyal perbaikan kondisi ekonomi ke depan mulai terlihat dari perbaikan indicator Purchasing Manager Index di bidang manufaktur dan Indeks Keyakinan Konsumen.

4.Meneguhkan Kembai Indonesia Sentris

Pemerintah di sebut terus memastikan pembangunan berkeadilan yang merata. Daerah pinggiran pun menjadi prioritas.

Papua, Papua Barat, serta kawasan timur Indonesia sekarang menjadi perhatian yang utama. Presiden Jokowi pun menunjuk Wakil Presiden Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Pengarah Percepatan Pembangunan Papua.

5.Infrastruktur dan Energi Tetap Berkeadilan

Pemerintah terus mengejar investasi infrastruktur. Stok infrastruktur Indonesia terhadap PDB naik drastic. Di tahun 2015, nilai stok infrastruktur Indonesia memiliki angka 35% namun dalam kurun waktu 4 tahun sampai naik 8%.

Angka ini pun akan terus di genjot mengejar ketertinggalan standar globar minimal sebesar 70 persen. Selain itu, sudah di lakukan juga pembukaan jembatan udara untuk masuk ke wilayah terisolir dan program laut sekelas backbone yang telah di garap sejak 2015.

Itulah berbagai prestasi yang sudah di torehkan oleh Jokowi selama menjabat. Salut sama presiden kita yang satu ini!

Artikel yang Direkomendasikan