Prestasi Menonjol Dari Presiden Indonesia

Setiap presiden sudah pasti memiliki keinginan untuk memberikan prestasi yang terbaik untuk bangsa serta negaranya.

Selama perjalanan Negara kita, sudah ada 7 presiden yang memimpin bergantian. Mereka sudah menunjukkan berbagai karya pembangunan yang sangat berguna untuk Tanah Air.

Setiap dari mereka juga punya sisi menonjol masing – masing yang tercermin dari hasil prestasi mereka. Lalu, prestasi apa saja sih yang mereka berikan? Yuk simak.

1.Abdurrahman Wahid

Presiden yang di kenal dengan nama Gus Dur ini tidak mau hanya membela hak dari golongan tertentu saja. ia lebih memikirkan kepentingan kaum minoritas dan tertindas di Tanah Air.

Saat tragedy 1998, Gus Dur berani melakukan pembelaan terhadap kaum Tionghoa yang saat itu mengalami kekerasan karena di tuduh sebagai biang krisi ekonomi.

Gus Dur juga menjadikan Hari Raya Imlek sebagai libur nasional untuk mengajak rakyat Indonesia untuk saling menghargai perbedaan.

2.Soekarno

Prestasi yang didapat oleh Soekarno selain menjadi Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia bersama Mohammad Hatta, ia juga merupakan pencetus pembangunan Monas sebagai bentuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia saat merebut kemerdekaan dari penjajah loh.

Monument yang menjadi ikon Indonesia tersebut baru di buka untuk umum di tanggal 12 Juli 1975. Sekarang ini, Monas menjadi tempat wisata yang cukup populer bagi masyarakat ibukota dan juga daerah yang kebetulan sedang berkunjung ke Jakarta.

3.B.J. Habibie

Presiden ketiga dari Indonesia ini bisa memberikan landasan yang sangat kokoh untuk Indonesia. Dengan menetapkan UU Anti Monopoli atau UU persaingat sehat, perubahan UU Partai Politik, serta yang paling penting adalah UU otonomi daerah.

Pada era kepemimpinannya, rakyat juga selalu di berikan kebebasan untuk menyalurkan aspirasinya sehingga banyak bermunculan partai politik baru.

4.Megawati Soekarnoputri

Megawati sudah berhasil menstabilkan fundamental ekonomi makro yang porak poranda semenjak tahun 1998 yang meliputi BI rate, Inflasi, kurs rupiah, pertumbuhan ekonimi, serta angka kemiskinan.

Pada masa kepemimpinanya, Indonesia berhasil menyelesaikan masalah bantuan Likuiditas Bank Indonesia. Ia juga berani melakukan pemberantasan korupsi dengan cara memenjarakan beberapa orang.

Saat masa kepemimpinannya pun, lembaga anti korupsi bernama KPK didirikan. Sekarang ini KPK juga menjadi lembaga yang paling di takuti oleh apra pejabat yang licik dan rakus.

5.Soeharto

Soeharto selalu mengutamakan stabilitas politik serta keamanan untuk pembangunan ekonomi dengan jalan apapun.

Dengan upaya yang Soeharto lakukan, berbagai harga kebutuhan pokok bisa jadi terjangkau. Presiden yang lebih sering di panggil sebagai Pak Harto itu juga sukses membawa Indonesia menjadi Negara swasembada beras.

Hal ini terjadi di tahun 1984 dimana saat itu Indonesia sudah memproduksi beras sampai dengan 25,8 juta ton beratnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kehebatan beberapa presiden di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Artikel yang Direkomendasikan